Muhammad Herindra Diusulkan Jokowi Jadi Kepala BIN, Fit and Proper Test Besok

Muhammad Herindra Diusulkan Jokowi Jadi Kepala BIN, Fit and Proper Test Besok

ABATANEWS, JAKARTA — Ketua DPR RI Puan Maharani telah mengumumkan bahwa Presiden Joko Widodo telah mengajukan nama baru untuk jabatan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

Sosok yang diajukan adalah Muhammad Herindra, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri Pertahanan periode 2019-2024. Surat Presiden mengenai pengangkatan Kepala BIN baru ini telah diterima DPR.

“Presiden Jokowi telah mengusulkan satu nama, yaitu Pak Herindra, untuk menggantikan Kepala BIN,” ujar Puan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (15/10/2024).

Puan juga mengungkapkan bahwa proses uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) untuk calon Kepala BIN akan dilaksanakan keesokan harinya.

“Insya Allah besok pagi kita akan melakukan fit and proper test di DPR,” lanjutnya.

Proses seleksi ini menjadi penting mengingat peran strategis Kepala BIN dalam menjaga stabilitas keamanan nasional, terutama dalam menghadapi berbagai tantangan global dan regional.

Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad, menambahkan bahwa karena alat kelengkapan dewan di komisi-komisi DPR belum terbentuk, pimpinan DPR bersama pimpinan fraksi akan memimpin proses seleksi ini.

“Rapat konsultasi sudah memutuskan bahwa fit and proper test akan dilakukan oleh pimpinan DPR dan pimpinan fraksi,” jelas Dasco.

Herindra akan menggantikan Budi Gunawan yang telah cukup lama menjabat sebagai Kepala BIN sejak tahun 2016 lalu.

Berita Terkait
Baca Juga