Sabtu, 02 April 2022 16:14

Mentan Sidak Ketersedian Pangan dan Gejolak Harga saat Ramadan di Makassar

Dokumentasi Mentan SYL. (Ig: @syasinlimpo)
Dokumentasi Mentan SYL. (Ig: @syasinlimpo)

ABATANEWS, MAKASSAR – Mentri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) terkait ketersedian pangan di Makassar. Dalam Sidak ini, turut dilaksanakan pemeriksaan harga guna mengantisipasi gejolak harga pangan.

Sidak yang dilakukan SYL sapaannya dilaksanakan di Pasar Terong, dan Pasar Pabaeng-baeng, Kota Makassar Sulawesi Selatan (Sulsel). Dalam sidak, mentan memastikan stok pangan aman di bulan Ramadan hingga hari raya Idulfitri 1443 Hijriah.

“Stok pangan hasil pertanian yang di jual di pasar saat ini terpantau aman bahkan melimpah,” ungkap SYL yang merupakan mantan Gubernur Sulsel, Sabtu (2/4/2022).

Baca Juga : Catatan Sejarah Bagi Pertanian Indonesia, Mentan Amran Serahkan Total Alokasi Pupuk Subsidi 54 Triliun

Adapun di Pasar Terong ini, harga daging Impor mengalami kenaikan Rp. 10.000 dari harga sebelumnya Rp. 100.000. Sementara daging lokal, juga mengalami kenaikan sebesar Rp.20.000 setiap kilonya dari sebelumnya juga Rp. 100.000.

Menurut SYL, Sidak yang dilakukan merupakan instruksi Presiden Jokowi agar melakukan upaya distorsi-distorsi akibat kelangkaan-kelangkaan yang bisa terjadi. “Dan itu bisa kita minimalisasi, bahkan kita usahakan tidak terjadi.

SYL mengaku, presiden meminta agar melakukan dua strategi untuk mengantisipasi stok pangan hingga harga. “Yang pertama, perlancar distribusi, itu yang saya cek tadi. Dekatkan produksinya, itu yang saya cek. Ini masih panjang dinamikanya,” pungkasnya.

Komentar