Jumat, 18 Februari 2022 09:01

HIKMAH

Keutamaan Sedekah di Hari Jumat

Ilustrasi sedekah (foto: IST)
Ilustrasi sedekah (foto: IST)

HARI Jumat bagi orang Islam sangat istimewa. Sehingga ada sejumlah keutamaan jika sedekah dilakukan di hari Jumat.

Selain pahala bagi mereka yang bersedekah itu akan dilipatgandakan, juga akan melancarkan jalan rezeki bagi yang mengamalkannya.

Baca Juga : Malam Nisfu Sya’ban, Ini Keistimewaan Hingga Hadist-nya dan Risala Para Ulama 

Allah SWT pun menyukai mereka yang gemar memberikan hartanya kepada mereka yang membutuhkan. Bahkan, Allah menyebut rezeki ganjaran orang yang gemar bersedekah bakal tidak habis-habis.

Dalam Al-quran Surah Al Baqarah Ayat 261 Allah SWT berfirman tentang mereka yang gemar bersedekah ini.

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

Baca Juga : Nasihat Lukmanul Hakim

Bagi Muslim yang gemar bersedekah, ganjarannya bisa sampai tak terhitung dan senantiasa dilipatgandakan. Apalagi, hal itu dilakukan di hari Jumat.

Hal itu disampaikan oleh Imam Syafii, pendiri mazhab Syafii dan salah satu ulama yang paling banyak diikuti di Indonesia, dalam kitab Al-Umm. Beliau menyitir Rasulullah terkait sedekah di Hari jumat ini.

Baca Juga : Cara Bisa Kurban Tiap Tahun Menurut Buya Yahya

Rasulullah bersabda, ‘Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari Jumat sesungguhnya shalawat itu tersampaikan dan aku dengar’. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan’.”

Itulah alasan di balik kenapa kita sebaiknya bersedekah di hari jumat. Sebab, Nabi saja mencontohkan untuk bersedekah di hari Jumat ini.

Sedekah sebagai Pelancar Rezeki

Baca Juga : Punya Hutang Tapi Lupa Nominal dan Orangnya? Ini Solusinya Menurut Buya Yahya

Di hari Jumat ini, perbanyaklah sedekah sebagai salah satu ikhtiar untuk melancarkan pintu rezeki buat kita. Ini sebagaimana hadis Nabi tentang sedekah yang akan berlipat ganda tak terkira. Kata Nabi, bahkan mereka yang gemar sedekah ini akan diaminkan olah malaikat.

“Tidak ada suatu hari pun ketika seorang hamba melewati paginya kecuali akan turun dua malaikat. Lalu salah satunya berkata, “Ya Allah berikanlah pengganti bagi siapa yang menafkahkan hartanya”, sedangkan yang satunya lagi berkata, “Ya Allah berikanlah kehancuran (kebinasaan) kepada orang yang menahan hartanya (bakhil).” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Namun, satu hal yang harus diperhatikan, sedekah ini tidak melulu urusan harta. Anda juga sedekah ilmu, pengetahuan, tenaga bahkan sekadar senyuman jika memang benar-benar tidak punya uang untuk disedekahkan.

Baca Juga : Ada Waktu 1 Jam di Hari Jumat Paling Mustajab untuk Berdoa

Nabi SAW bersabda: “Senyumanmu di hadapan saudaramu adalah sedekah bagimu.” (HR. Tirmidzi).

Jadi, sedekah itu bisa dimulai kapan saja, mumpung hari Jumat bisa jadi waktu terbaik untuk mengumpulkan pahala, seraya membuka pintu rezeki bagi kita. Semoga kita menjadi pribadi yang gemar sedekah dan diberi selalu rahmat oleh-Nya. Amin.

Komentar