Jumat, 25 November 2022 11:13

FIFA dan Qatar Melunak, Atribut LGBTQ Bisa Masuk Stadion di Piala Dunia

FIFA dan Qatar Melunak, Atribut LGBTQ Bisa Masuk Stadion di Piala Dunia

ABATANEWS – Federasi Sepak Bola Dunia atau FIFA dan negara Qatar sepertinya mulai melunak terhadap adanya larangan atribut LGBTQ di Piala Dunia 2022. Sebab pengunjung yang membawa atribut pelangi sudah bisa masuk ke dalam stadion.

Dari laporan The Independent, FIFA tidak akan melarang lagi bendera pelangi di stadion untuk pertandingan Piala Dunia putaran berikutnya. Sementara Qatar kini telah memberikan jaminan kepada badan pengatur.

“Tentang masalah tersebut setelah serangkaian insiden yang memuncak pada tim kapten dari tujuh federasi UEFA tidak mengenakan ban lengan OneLove,” tulis isi laporan The Independent, Jumat (25/11/2022).

Baca Juga : Tersingkir di Babak 16 Besar, Timnas Spanyol Alami Dejavu

Jaminan tersebut diberikan oleh Komite Operasi Keselamatan dan Keamanan Piala Dunia 2022. Dalam laporan itu disebutkan bahwa atribut pelangi tidak akan disita lagi ketika masuk ke stadion.

Kebijakan itu terjadi setelah sejumlah fans harus melepaskan atribut pelangi mereka sebelum masuk ke stadion. Salah satunya terjadi jelang laga antara Wales vs Amerika Serikat di Stadion stadion Ahmed bin Ali pada Selasa (22/11/2022).

Qatar sangat mengharamkan simbol maupun bentuk kampanye apa pun yang mengarah pada LGBT di Piala Dunia 2022.

Baca Juga : Pelatih Maroko Beberkan Strategi Jelang Hadapi Gempuran Spanyol

Kepala Keamanan Piala Dunia 2022, Abdullah Al Nasari mengancam akan melakukan tindakan tegas jika ada penggemar yang membawa warna pelangi, simbol terkait LGBT, masuk ke dalam stadion.

Meski demikian, bukan berarti mereka melarang kelompok LGBT untuk ikut serta menyaksikan pertandingan apalagi melakukan tindakan kekerasan.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar