Erick Thohir Target Timnas Indonesia Bisa Bawa Pulang 4 Poin Lawan Bahrain dan China 

Erick Thohir Target Timnas Indonesia Bisa Bawa Pulang 4 Poin Lawan Bahrain dan China 

ABATANEWS, JAKARTA – Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengungkapkan target yang bisa dibawa pulang Timnas Indonesia pada lanjutan ronde ketiga Grup C, kualifikasi Piala Dunia 2026. Masing-masing melawan Bahrain dan China.

Kedua laga ini, akan dijalani Jay Idzes dan kawan-kawan di markas lawan yakni pada 11 Oktober melawan Bahrain dan 15 Oktober melawan China. Kedua laga ini, Indonesia ditargetkan mampu membawa pulang 4 poin.

“Jadi kami coba targetnya, tidak mau mendahului. Seperti yang saya bilang kita perlu 15 poin (untuk lolos Piala Dunia) artinya kalau Bahrain dan China ini, kalau bisa satu menang satu seri, itu sudah luar biasa. Tapi kalau dua-duanya menang alhamdulillah gitu kan,” kata Erick Thohir dalam press conference di Jakarta, Sabtu (21/9/2024).

Menteri BUMN ini menjelaskan, kedua calon lawan Indonesia sejatinya cukup kuat. Namun, untuk lolos Piala Dunia 2026 di Amerika Serikat dan Kanada, Garuda Nusantara mau tidak mau mendapatkan poin dalam setiap laga di kualifikasi ronde ketiga ini.

Erick merinci, setiap negara akan menjalani masing-masing 10 pertandingan di babak grup. Dalam 10 laga tersebut, paling tidak anak asuh Shin Tae-yong bisa mendapatkan 15 poin.

“Karena 15 poin dibagi 10 pertandingan, jadi setiap pertandingan harus poin masalahnya. Nah ini yang kami coba pastikan bagaimana bisa persiapan dengan baik,” imbuhnya.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong sebenarnya menargetkan Indonesia bisa finis di posisi tiga atau empat di grup C kualifikasi Piala Dunia 2026. Target ini cukup realistis mengingat lawan-lawan Indonesia di grup tersebut sangat kuat.

Masing-masing ada Jepang, Arab Saudi, Australia, Bahrain dan China. Jika Indonesia mampu menempati posisi tiga atau empat di klasemen akhir, otomatis akan lanjut ke babak keempat kualifikasi Piala Dunia 2026.

Di babak tersebut, Indonesia akan melawan negara yang turut menempati posisi tiga dan empat dari Grup A dan B pada ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Di ronde keempat nanti, tim akan dibagi menjadi tiga grup dan akan melawan satu sama lain di tempat yang telah ditentukan.

Pemenang dari babak keempat ini akan lolos otomatis ke Piala Dunia 2026. Sementara runner-up akan bertanding ke ronde kelima dengan melawan negara dari konfederasi berbeda.

Berita Terkait
Baca Juga