Rabu, 06 September 2023 13:10

Danny Pomanto Puji Langkah PDAM Makassar yang Atasi Kelangkaan Air Bersih di Musim Kemarau

Danny Pomanto Puji Langkah PDAM Makassar yang Atasi Kelangkaan Air Bersih di Musim Kemarau

ABATANEWS, MAKASSAR – Direktur Utama (Dirut) Permudahkan Air Minum (PDAM) Kota Makassar, Beni Iskandar mendapat pujian dari Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto. Hal itu, setelah ia memaparkan langkah-langkah dalam mengatasi keterbatasan air bersih di musim kemarau.

Pemaparan tersebut dilakukan dalam Rakor Dampak Kemarau bersama Danny Pomanto. Kegiatan berlangsung di DP Hall, Senin 4 September 2023.

Beni menjelaslan, saat ini daerah yang paling merasakan dampak dari El Nino ada di 6 Kecamata. Yakni, Tallo, Ujung Tanah, Bontoala, Biringkanaya, Tamalanrea, dan sebagian Panakkukang, yang sumber airnya berasal dari IPA 2 Panaikang.

Baca Juga : Danny Pomanto Hadiri World Cities Summit Mayor Forum 2023 di Korea, Bahas Kota Layak Huni Berkelanjutan

“6 Kecamatan ini memang yang merasakan dampak paling parah karena air baku di Bendungan Lekopaccing sudah menyusut drastis dan merupakan sumber air baku utama yang menyuplai air ke WTP kami di Panaikang, sehingga suplai air ke pelanggan menjadi sangat berkurang,” kata Beni.

Beni menambahkan, ada beberapa simulasi yang telah dilakukan agar ada tambahan suplai air bersih dari WTP lain. Yakni dari IPA 4 Maccini Sombala dan IPA 5 Sombaopu.

Jalur Pipa Distribusi Utama yang biasanya full menyuplai ke selatan dan tengah kota sebagian dialihkan ke utara kota. Yakni menambah flow dari IPA 4 menuju utara kota atau wilayah 1.

Baca Juga : Danny Pomanto Temui Dubes Indonesia untuk Jepang, Paparkan Potensi Investasi Makassar 

“Kami membuka valve isolasi diameter 375 mm di depan Polrestabes dari IPA 5 menuju utara kota, membuka valve isolasi pipa 375mm di jalan Veteran menuju utara dan membuka valve isolasi pipa 400mm pada batas antara IPA 3 dan IPA 5,” tambahnya.

Selain itu, Beni juga mengaku telah melakukan koordinasi dengan pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS Pompengan) untuk membuka pintu air di daerah Bontomarannu dan Kajenjeng Gowa. Dengan harapan dapat menambah suplai air baku dari Bendungan Bili-bili ke muara Sungai Tallo di Moncongloe.

“Harapan kita supaya ada tambahan air baku dari Bili-Bili ke Sungai Moncongloe agar dapat menambah produksi air kita di WTP Panaikang dan Antang untuk meningkatkan suplai ke masyarakat,” terangnya.

Baca Juga : PDAM Akan Lakukan Pengerjaan Pompa Inline, 6 Wilayah Ini Diminta Tampung Air

Mendengar laporan tersebut, Wali Kota Makassar, Danny Pomanto memberikan pujian dan apresiasi atas simulasi dan langkah cepat yang ditempuh oleh Beni Iskandar dan jajaran.

“Upaya PDAM ini saya kira sudah sangat bagus karena sudah berupaya memaksimalkan suplai air ke masyarakat di utara kota,” kata Danny.

“Jadi sekarang ini kita semua harus ikut membantu PDAM untuk menyalurkan air secara manual atau konvensional yaitu dengan cara memobilisasi sarana pengangkut air bersih yang dapat menjangkau langsung ke daeah yang tidak dapat air, saya dan Wawali akan mengawal ini, dan segera akan merumuskan cara paling efektif untuk meringankan beban masyarakat yang kesulitan air bersih, bagaimanapun pemerintah harus ada ditengah masyarakat,” sambungnya.

Baca Juga : Penuhi Undangan PHDI Sulsel Jelang 50 Tahun Pura Giri Natha, Danny: Bukti Makassar Kota Inklusif dan Rukun

Wali Kota melanjutkan, bahwa dengan 9 unit armada mobil tangki yang disiapkan PDAM Makassar untuk melayani bantuan air bersih tidak cukup untuk menjangkau semua daerah.

“Jadi dengan ini saya perintahkan agar seluruh Camat menyiapkan armada mobil dump truck berisi tandon dengan kapasitas 5-6 kubik yang akan mengangkut air bersih ke masyarakat terdampak pada 6 kecamatan tersebut,” ucapnya.

Penulis : Wahyuddin
Komentar