Bupati Indah Ikut Panen Kentang di Rongkong, Hasilnya Disuplai ke IKN

Bupati Indah Ikut Panen Kentang di Rongkong, Hasilnya Disuplai ke IKN

ABATANEWS, LUWU UTARA — Berada di wilayah ketinggian, Kecamatan Rongkong memiliki potensi besar khususnya dalam hal budidaya kentang.

Ilyas Supriatna petani asal Jawa Barat, sejak dua tahun terakhir fokus membudidayakan tanaman Kentang di Kecamatan Rongkong Kabupaten Luwu Utara. Hasilnya terbilang luar biasa, bahkan kentang yang dihasilkan dikirim langsung ke Kalimantan untuk memenuhi kebutuhan kentang di wilayah yang menjadi Ibu Kota Negara (IKN) baru di sana.

Pada 23 September lalu, Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani ikut memanen kentang di lahan yang digarap oleh Ilyas bersama keluarganya.

“Potensinya luar biasa, dan memang kentang itu paling cocok di wilayah yang suhunya dingin seperti Rongkong. Dari informasi pak Ilyas 80 sampai 100 hari setelah tanam sudah bisa dipanen, bisa lebih cepat juga tergantung kebutuhan,” jelas Indah Putri Indriani (24/09/2023)

“Bicara penghasilan 1 ha bersih sekira 50 juta, dan setahun itu bisa dua sampai tiga kali tanam. Saya mengajak kepada masyarakat yang memiliki lahan terutama yang berada di ketinggian bisa juga melakukan hal yang sama. Dan ini tidak butuh perawatan yang rumit,” sambung istri Anggota DPR RI Muhammad Fauzi itu.

Ilyas Supriatna petani asal Jawa Barat ini menjelaskan, masyarakat Rongkong memiliki peluang besar untuk usaha kentang khususnya, karena menurut tidak ada daerah yang seperti Rongkong.

“Di sini (Rongkong.red) ketinggiannya 1.600 dari permukaan laut. Sangat ideal untuk pengembangan khususnya kentang dan jika kentang jadi sayuran yang lain juga jadi. Karena kalau kol jadi, bawang merah jadi, cabai jadi belum tentu, kentang jadi, itu pengalaman saya di beberapa daerah di Indonesia,” ungkap Ilyas.

Bahkan Ilyas membandingkan negara di Eropa yang memiliki empat musim, di sana kata Ilyas hanya bisa menanam kentang satu kali saja.

“Kalau di Rongkong ini bisa sepanjang tahun menanam kentang, karena daerahnya yang dingin terus. Jadi sangat potensial kentang disini,” tegasnya.

Ilyas juga mengaku siap membantu atau membina masyarakat Rongkong jika ada yang ingin membudidayakan tanaman kentang.

Berita Terkait
Baca Juga