Bupati Indah Buka Bimtek di Desa Berbasis Aplikasi 

Bupati Indah Buka Bimtek di Desa Berbasis Aplikasi 

ABATANEWS, LUTRA – Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani membuka bimbingan teknis peningkatan kapasitas aparatur perangkat desa, Jumat (10/6/2022).

Bimtek turut dihadiri Koordinator Kejati Sulsel Hasnadirah, Kanit Ditreskrimsus Polda Sulsel AKP Jabbar, Kajari Masamba Haidar dan Kepala Dinas PMD Misbah. Peserta terdiri dari, kepala desa dan bendahara se-Luwu Utara.

Indah berharap dengan SDM yang lebih baik, desa akan meningkatkan perannya dalam pembangunan.

Apalagi, bimtek ini juga mendorong kapabilitas dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) kepala desa beserta aparatnya dalam pengelolaan sumber daya berupa aset yang berbasis aplikasi.

“Demi untuk mewujudkan administrasi desa yang transparan, akuntabilitas, efektif dan efisien,” terang Indah.

Menurut Indah, sistem pengelolaan aset desa merupakan aplikasi yang dikembangkan Kementrian Dalam Negeri.

Metode ini untuk memudahkan pemerintah desa dalam pengelolaan aset desa.

“Dengan begitu dapat membantu pengawasan-pengawasan, monitoring, evaluasi serta pengendalian dalam rangka pelaksanaan fungsi pembinaan dan pengawasan pengelolaan aset desa untuk meminimalisir praktik penyimpangan,” jelasnya.

Setidaknya kata Indah, bisa diintegrasikan dengan sebaik-baiknya agar pelatihan yang sudah dilakukan betul-betul diimplementasikan di lapangan khususnya dalam pemerintahan desa.

Ia menjelaskan, apabila aset bisa dioptimalkan akan menjadi peningkatan PADes-nya. Sehingga ke depan diharapkan desa makin mandiri.

“Dengan perubahan regulasi menuntut kemandirian desa dengan tidak tergantung anggaran dari pusat. Ini penting. Jadi mulai sekarang perlu merapikan aset yang dimiliki,” imbuhnya.

Berita Terkait
Baca Juga