Senin, 15 Mei 2023 12:10

Biasakan Teliti Simpan Barang di Tempat Umum, Jangan Sampai Seperti Kejadian Ini 

Tangkapan layar aksi komplotan maling modus geser tas di restoran Pagi Sore di kawasan Jakarta Selatan (Instagram @fakta.jakarta)
Tangkapan layar aksi komplotan maling modus geser tas di restoran Pagi Sore di kawasan Jakarta Selatan (Instagram @fakta.jakarta)

ABATANEWS.COM – Beredar video viral di media sosial yang memperlihatkan aksi pencurian tas ransel pengunjung di sebuah restoran di kawasan Jakarta Selatan (Jaksel). Dari video rekaman CCTV yang diunggah di akun Instagram @fakta.jakarta, kejadian berawal saat korban dan rekan-rekannya sedang makan.

Korban meletakan tasnya di lantai pinggir meja makan. Tidak lama kemudian, para pelaku yang berpakaian rapi dan berjumlah sekitar 3 orang datang. Mereka berpura-pura menelepon dan mondar-mandir di dekat korban. Mereka secara bergantian mencoba menggeser tas korban dengan mengunakan kaki.

Ketika tas sudah bergeser ke belakang kursi korban, pelaku yang lain dengan gerak cepat mengambil tas tersebut. Sementara para pelaku lainnya langsung pergi dari tempat kejadian setelah berhasil melakukan aksi mereka. Korban pun terlihat terkejut saat menyadari tas miliknya raib.

Baca Juga : Viral Wanita Marah-marah Gegara Beli Susu 1 Liter Tidak Dingin

Berhasilnya aksi komplotan pencuri tersebut mencuri tas korban didukung dengan ramainya suasana di dalam restoran. Karena kejadian itu, korban mengalami kerugian lantaran kehilangan barang berharga dalam tas tersebut.

“Hati-hati jika menaruh barang bawaan saat makan di restoran. Tampak dalam rekaman cctv, komplotan sindikat pencuri beraksi dengan lihai di salah satu restoran di Jeruk Purut, Cilandak, Jaksel. Kerugian berupa tas berisi laptop, dokumen, dompet, surat surat dan uang tunai,” tulis akun Instagram @fakta.jakarta dalam keterangan unggahannya dikutip Senin (15/5/2023).

Kapolsek Pasar Minggu Kompol Rusit Malaka membenarkan aksi pencurian tersebut terjadi pada Kamis (11/5/2023) sekitar pukul 14.00 WIB. Para komplotan pencuri tersebut kabur dengan menggunakan mobil. Namun, nomor polisi mobil pelaku tidak terekam di CCTV restoran.

Baca Juga : Viral Pria Jualan Bakso di Puncak Gunung Lorokan, Harga Tuai Sorotan

Saat ini, polisi masih mengidentifikasi komplotan pencuri tersebut melalui petunjuk dari rekaman CCTV. Polisi juga berkoordinasi dengan pihak restoran untuk mengungkap kasus pencurian tersebut.

Sontak, video komplotan pencuri tas pengunjung beraksi di restoran tersebut langsung viral dan mengundang beragam komentar dari netizen.

“Biasanya orang yg pake hp pura2 sibuk terima tlp di sekitar kita patut dicurigai. Semua gayanya si maling seperti itu. Rata2 pura2 sibuk cari2 sesuatu atau pura2 terima tlp,” tulis akun @dua***.

Baca Juga : Viral Pantai Pasir Putih Lampung Penuh Tumpukan Sampah, Pengunjung Tetap Asyik Berenang

“Kalau sudah ahlinya, biar di tempat ramai pun berani beraksi,” tulis akun @thi***.

“Restoran mahal belum tentu aman, dan orang sekitar belum tentu peduli,” tulis akun @ban***.

“Komplotan kayak gitu ga sembarangan pilih target. Beberapa ada yg bisa membaca kondisi fisik dan psikologis target dari raut wajah dan pakai ilmu hitam. Percaya ga percaya, ilmu hitam mudah mempengaruhi orang dengan kondisi mental dan fisik yang lemah,” tulis akun @rds***.

Baca Juga : Viral Siswa Punya Nama Unik dan Rumit Dibaca, Guru Bingung Mau Panggil Apa

“Harusnya gendongan tasnya dicantolin ke kaki jadi kerasa kalo tiba2 diseret orang soalnya udah pernah ngalamin juga,” tulis akun @dav***.

“Kalo duduk paling pinggir, alangkah baiknya tas ditaruh di depan bawah badan kita,” tulis akun @om_***.

“Wah ngeri ya komplotan2 sindikat gini berpakaian rapih dah pro ini,” tulis akun @rev***.

Penulis : Nidi
Komentar