Kamis, 07 April 2022 23:11

Bersama Dinkes Luwu Utara, Tim Nusantara Luncurkan “Pesta Asyik Posyandu”

Tim Program Nusantara Sehat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Utara menggelar kegiatan yang diberi nama “Asyik Pesta Posyandu” di UPT Puskesmas Kecamatan Rampi. (Foto: ABATANEWS/Wahyuddin)
Tim Program Nusantara Sehat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Utara menggelar kegiatan yang diberi nama “Asyik Pesta Posyandu” di UPT Puskesmas Kecamatan Rampi. (Foto: ABATANEWS/Wahyuddin)

ABATANEWS, LUWU UTARA – Tim Program Nusantara Sehat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Utara menggelar kegiatan yang diberi nama “Asyik Pesta Posyandu” baru-baru ini di UPT Puskesmas Kecamatan Rampi.

Kegiatan ini diinisiasi Tim Nusantara Sehat dengan melibatkan petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan Luwu Utara dan UPT Puskesmas, Rampi. Asyik Pesta Posyandu adalah terobosan baru yang menitikberatkan pada kegiatan advokasi lintas sektor dalam rangka peningkatan strata posyandu di wilayah terpencil.

Kepala Dinas Kesehatan Luwu Utara, Marhani Katma, mengatakan, Tim Nusantara Sehat yang melakukan kegiatan “Asyik Pesta Posyandu” di UPT Puskesmas Rampi adalah sebuah tim yang beranggotakan tenaga profesional kesehatan dengan berbagai latar belakang medis, seperti dokter, perawat, bidan dan tenaga kesehatan lainnya.

Baca Juga : Jelang Verifikasi KKS Tingkat Provinsi, Dinkes Luwu Utara Gelar Rakor Tim Teknis

“Saat ini di Rampi ada Tim Nusantara Sehat yang bertugas selama dua tahun di Luwu Utara. Mereka bikin sebuah terobosan terkait kegiatan Posyandu yang diberi nama Asyik Pesta Posyandu,” kata Kadis Kesehatan, Marhani, pada Kamis (7/4/2022).

Program ini, kata dia, dilakukan oleh tenaga profesional kesehatan Nusantara Sehat yang dibantu oleh petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan Luwu Utara dan UPT Puskesmas Rampi. “Untuk saat ini, lokusnya baru di Kecamatan Rampi karena memang tim ini ditugaskan di Rampi selama dua tahun,” terangnya.

Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan program ini akan direplikasi di wilayah lain yang masuk kategori wilayah terpencil, karena Program Nusantara Sehat ini fokus di wilayah terpencil. “Sasaran kegiatan ini adalah posyandu dengan harapan kita bisa melakukan yang namanya promotif dan preventif, tidak hanya kuratif saja,” jelasnya.

Baca Juga : IDI Sebut Covid-19 di Indonesia Masuk Fase Endemi, Kemenkes: Tunggu Resminya

Ia berharap, kegiatan “Asyik Pesta Posyandu” program Nusantara Sehat ini dapat memberikan manfaat yang besar kepada masyarakat, sehingga tidak menutup kemungkinan kegiatan ini akan dikembangkan di semua posyandu yang ada di Luwu Utara.

“Ke depan, jika seandainya kegiatan ini memberikan manfaat yang besar kepada masyarakat, maka kita akan apresiasi dan akan kita replikasi di semua Posyandu yang ada,” imbuh Marhani. Apa yang menarik dari inovasi “Asyik Pesta Posyandu”?

“Jika selama ini orang ke posyandu biasa-biasa saja, dan jumlah orang ke posyandu terbilang sedikit, maka dengan adanya terobosan ini, dengan berbagai kegiatan yang menarik, maka kita berharap masyarakat berbondong-bondong menuju posyandu,” jelas dia.

Baca Juga : Kegiatan BIAN di Lutra, 90 Anak Diimunisasi

“Ada daya tarik yang dilakukan oleh Tim Nusantara Sehat melalui inovasi Asyik Pesta Posyandu, sehingga orang yang tadinya ogah ke Posyandu menjadi ramai-ramai mau membawa anaknya ke posyandu,” ucap dia menambahklan. Untuk diketahui, kegiatan ini didukung penuh oleh pemerintah kecamatan, dalam hal ini Camat Rampi.

Penulis : Wahyuddin
Komentar