Anggota DPR RI Periode 2024-2029 Resmi Dilantik, Puan Maharani Kembali Jadi Ketua

Anggota DPR RI Periode 2024-2029 Resmi Dilantik, Puan Maharani Kembali Jadi Ketua

ABATANEWS, JAKARTA – Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) periode 2024-2029 resmi dilantik. Puan Maharani, politisi dari PDI Perjuangan, kembali dipercaya sebagai Ketua DPR. Sementara empat Wakil Ketua berasal dari Golkar, Gerindra, NasDem, dan PKB.

Penetapan ini berlangsung dalam rapat paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, pada Selasa (1/10/2024).

Ketua Sementara DPR, Guntur Sasono, memimpin proses pengesahan dan meminta persetujuan anggota dewan yang hadir.

“Apakah dapat disetujui dan diterapkan sebagai ketua dan wakil ketua DPR RI masa keanggotaan 2024-2029?” tanya Guntur di depan forum, yang langsung disambut dengan jawaban bulat “Setuju” dari seluruh anggota dewan.

Penunjukan pimpinan DPR ini didasarkan pada Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2018 tentang MPR, DPR, dan DPD (UU MD3), yang menetapkan bahwa ketua DPR diambil dari partai pemenang pemilu. Dalam hal ini, Puan Maharani terpilih karena PDI Perjuangan meraih kursi terbanyak di DPR.

Sementara itu, empat wakil ketua berasal dari partai yang memiliki kursi terbanyak kedua hingga kelima. Adies Kadir dari Golkar, Sufmi Dasco Ahmad dari Gerindra, Saan Mustopa dari NasDem, dan Cucun Syamsurijal dari PKB melengkapi komposisi pimpinan tersebut.

Dengan beragam latar belakang politik, lima pimpinan ini diharapkan dapat menjaga stabilitas kerja parlemen dan memfasilitasi berbagai kebijakan strategis yang akan dibahas dalam lima tahun ke depan. Kolaborasi ini juga menjadi cerminan dari dinamisnya peta politik Indonesia pasca-Pemilu 2024, dengan harapan terciptanya kebijakan yang lebih inklusif bagi masyarakat.

Berita Terkait
Baca Juga