Andi Sudirman Paparkan Usulan Pembangunan Tahun 2023

Andi Sudirman Paparkan Usulan Pembangunan Tahun 2023

ABATANEWS, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman mengusulkan sejumlah prioritas untuk pembangunan di wilayah Sulawesi. Diantaranya, pembangunan jaringan daerah irigasi Bendungan Passelloreng, Karalloe, Baliase, dan jaringan irigasi Je’nelata, hingga lanjutan revitalisasi Danau Tempe.

Menurutnya, bendungan tersebut untuk mendukung produksi pangan di Sulsel. Apalagi diketahui, Sulsel merupakan pintu keluarnya beberapa kedaulatan pangan dan mensupport 27 provinsi di Indonesia.

“Sehingga ketika nanti ini dibangun maka ini adalah termasuk program yang sangat strategis,” ujar Andi Sudirman Sulaiman saat menghadiri Musrenbang Regional Sulawesi di Hotel Grand Claro, Makassar, Jumat (1/4/2022).

Sementara untuk jaringan daerah irigasi Je’nelata, Andi Sudirman menegaskan jika usulan pembangunan bendung ini sudah diterima. “Alhamdulillah ini sudah masuk dalam zona yang diterima dari usulan kami untuk ke nasional untuk dibangun dan mudah-mudahan bisa segera direalisasikan,” ungkapnya.

Selain itu, Andi Sudirman sebelumnya juga telah mengusulkan pembangunan sejumlah ruas jalan termasuk jalan ruas batas Provinsi Sulteng dan batas Provinsi Sulbar. Bahkan, pembangunan Jalan Tol Makassar-Takalar, lanjutan pembangunan infrastruktur konektivitas transportasi udara Bandara Buntu Kunik Tana Toraja.

Kemudian penambahan Runway Bandara Arung Palakka Bone, penyelesaian terminal bandara Sultan Hasanuddin dan fasilitas lainnya. Menurutnya, pembangunan Tol Makassar-Takalar sebagai satu proyeksi pesisir di wilayah selatan Sulawesi, yang usulannya juga sudah diterima pemerintah pusat.

“Alhamdulillah tahun ini usulan kami sudah diterima dan kami berterima kasih kepada Bapak Presiden dan sudah lelang senilai Rp227 miliar untuk memperlancar akses wilayah selatan,” jelasnya.

Adapun ia menambahkan, untuk pengembangan wilayah metropolitan diusulkan pembangunan MRT-Monorel Kawasan Mamminasata. Kemudian Pembangunan Jalur Kereta Api Trans Sulawei lanjutan Makassar-Parepare, Pembangunan Tol Baddoka-Makaasar New Port (MNP)-Maros, Pembangunan Rumah Sakit Otak, Jantung, dan Kanker.

Berikutnya pembangunan jalan by pass Mamminasata, Pembangunan Stadion Andi Mattalatta, pembangunan MRT Bandara Hasanuddin-Kota Makassar dan pembangunan instalasi jaringan listrik bawah laut ke pulau di Kota Makassar dan Kabupaten Selayar.

“Untuk kereta api, Menteri Perhubungan sudah mengkonfirmasi bahwa pembangunan jalur kereta api sudah mulai lelang untuk gerbong penumpang dan Perseroda Sulsel sudah masuk bagian sebagai operator bersama dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI),” pungkasnya.

Berita Terkait
Baca Juga