3 Efek Buruk Main HP Sambil Tiduran, Ini Penjelasan Ahli Ortopedi

3 Efek Buruk Main HP Sambil Tiduran, Ini Penjelasan Ahli Ortopedi

ABATANEWS.COM – Handphone (HP) atau ponsel semakin sulit untuk dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Bahkan mungkin Anda bisa merasa tidak tenang saat tidak memegang HP meski sebentar. Hal ini menyebabkan banyak orang sulit melepaskan HP meski sudah masuk jam istirahat atau tidur.

Tidak jarang, Anda akhirnya masih sibuk memegang hp sambil rebahan atau tiduran. Meski menyenangkan, ternyata bermain hp sambil tiduran memiliki sejumlah dampak buruk bagi kesehatan. Bahaya main handphone sambil tiduran dijelaskan oleh dokter spesialis ortopedi dr Asa Ibrahim Zainal Asikin, Sp.OT.

“Siapa disini yang hobinya main handphone sambil tiduran? Absen dulu,” tanya Dokter Asa Ibrahim, Sp. OT mengawali penjelasan, dikutip dari akun Instagram pribadinya @dr.asaibrahim.

Dalam penjelasannya, dr Asa menyebutkan ada 3 efek buruk yang mengintai seseorang jika bermain hp sambil tiduran:

1. Risiko Terkena Cedera Mata
Jika bermain hp sambil tiduran berpotensi hp jatuh dan menimpa mata. Hal ini bisa menyebabkan trauma tumpul pada bola mata. Sudah ada beberapa kasus yang terjadi, ada yang bisa sembuh tapi ada juga yang mengalami cedera berat.

“Ini ada kasusnya beberapa. Beberapa bisa sembuh. Beberapa cederanya cukup berat,” ungkap dr Asa.

2. Nyeri Siku
dr Asa menjelaskan, saat seseorang memegang hp sembari tiduran kecenderungannya akan menekuk siku hingga lebih dari 90 derajat. Jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama maka ada risiko terjadi jepitan saraf pada siku. Nantinya, jepitan saraf ini bisa menyebabkan nyeri dan kesemutan di daerah tangan hingga siku.

3. Nyeri Punggung
Terlalu sering berbaring atau bermain hp sembari tiduran bisa menyebabkan otot-otot menjadi lemah. Selain itu, aliran darah di kaki dan anggota tubuh lain menjadi menurun dan kurang bagus. Hal ini bisa menimbulkan efek nyeri di punggung, lutut, atau anggota tubuh lainnya.

“Risikonya adalah teman-teman lebih mudah mengalami berbagai macam penyakit tulang dan sendi seperti nyeri punggung, nyeri lutut dan nyeri di tempat lain,” ujar dr Asa.

dr. Asa berpesan boleh-boleh saja bermain hp tapi sebaiknya jangan sambil tiduran. Atur posisi tangan agar jangan ditekuk lebih dari 90 derajat. Dia juga menyarankan agar menyempatkan diri untuk aktivitas fisik agar terhindar dari berbagai macam penyakit tulang dan sendi.

Baca Juga